21 January 2007

met hari minggu..

hari ini tugas di gereja.. tugas yang siang..
tapi ternyata cuma jadi petugas stand-by ajah, operatornya ada si johanes..

nah, jadinya bisa dengerin khotbahnya,karena ngga sibuk2 sama bikin pengumuman buat ditayangin dan lain-lain deh..yang khotbah pak yahya.. dan khotbah tadi tentang doa..dari ayat mana gw lupa.. kata-katanya kyk gini..

"mintalah, maka akan diberikan kepadamu"


nah,di khotbah tadi, pak yahya nanya, doa yang kyk gimana yang berkenan di mata Tuhan? trus dia bilang, ada beberapa hal yang harus diperhatiin, misalnya, dia bilang,doa itu bukan cuma sekedar wishing aja, tapi harus tunduk pada kuasa Tuhan..dah gitu, dia juga bilang, doa itu harus pasrah, dan ngga memaksakan kehendak kita, karena kehendak kita belum tentu kehendak Tuhan..

intinya, dia bilang, doa harus dilakukan dengan kepasrahan hati, biar Tuhan sendiri yang memimpin kita berdoa.. bukan berdoa panjang-panjang dengan rancangan kata-kata yang suka bikin ngantuk, bukan dengan menggebu-gebu dan teriak-teriak, bukan dengan nangis yang dibuat-buat..

dan terakhir, dia bilang, dalam doa, mesti ada waktu tenang.. waktu ketika kita DIAM, ngerasain kebaikan Tuhan yang udah kita terima, berusaha dengerin suara hati kita.. ngga melulu ngomong,minta ini minta itu, bersyukur ini bersyukur itu, tapi diem..merenung...

udahkah kita praktekin doa yang kyk gini?
doa yang bener2 dalam arti sebenernya, yaitu meminta, memohon, bersyukur, dan DIAM?
ataukah kita terlalu sibuk menghafalkan apa aja yang mau kita minta sama Tuhan?
atau kita sibuk merangkai kata-kata biar kedengerannya indah?

bukan itu intinya.. doa itu mengalir, dan doa yang mengalir hanya bisa dihasilkan dari hati yang pasrah, tunduk, percaya, dan diam..diam merenungkan kasih Tuhan..

No comments: